CNN Indonesia – Senin, 27 Juli 2020, 05:03 WIB

Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kacamata dari paparan kuman seperti virus corona yang menempel. (Mel Baylon)

Virus corona penyebab Covid-19 bisa bertahan beberapa waktu di permukaan, termasuk di kacamata. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan kacamata dari kontaminasi kuman yang menempel.

Presiden American Optometric Association Barbara Horn mengaku bahwa dirinya makin sadar akan kebersihan kacamata selama pandemi. Dia sadar bahwa kacamata bisa menjadi salah satu medium transmisi penularan virus.

“Kita harus tahu bagaimana cara membersihkannya. Setiap saya sampai rumah, hal pertama yang saya lakukan adalah mencuci tangan, lalu mencuci kacamata,” ujar Horn, mengutip Today.

Berikut cara tepat untuk membersihkan kacamata dari kontaminasi virus.

1. Siapkan sabun cair

Cuci kacamata dengan sabun cair. Anda bisa menggunakan sabun jenis apa pun. Ahli penyakit infeksi Joseph Vinetz mengatakan bahwa virus corona sensitif terhadap semua jenis sabun.

2. Siram lensa

Sebagai langkah pertama, siram lensa dengan air untuk mengusir partikel-partikel kuman yang ada di permukaan. Horn mengatakan, cara ini dilakukan untuk menghindari goresan pada lensa saat proses pembersihan.

3. Teteskan sabun

Berikan satu atau dua tetes sabun pada permukaan lensa. Lalu, gosok perlahan dengan kain microfiber.

4. Bersihkan bantalan hidung

Pastikan juga untuk membersihkan bantalan hidung dan bingkai hingga tangkai kacamata. Bagian-bagian tersebut terbilang rawan terpapar debu dan kotoran, termasuk virus.

5. Bilas dan keringkan

Langkah selanjutnya adalah bilas kacamata yang telah disabuni dan dibersihkan, lalu keringkan. Hindari cara mengeringkan menggunakan kertas makan (paper towel) karena rawan terhadap goresan lensa.

6. Tisu pembersih

Jika tidak memungkinkan untuk mencuci kacamata dengan cara di atas, Anda juga bisa membersihkannya dengan tisu pembersih kacamata sekali pakai.

7. Jangan tiup kacamata

Meski terbilang praktis, namun kebiasaan meniup kacamata harus dihindari. Dengan cara meniupnya, sama saja Anda membubuhkan kuman yang lain pada kacamata.

8. Hindari alkohol

Selain itu, Anda juga diminta untuk menghindari penggunaan bahan-bahan pembersih yang mengandung alkohol. Alkohol dapat merusak lapisan lensa kacamata.(els/asr)

Leave a Reply

Knowlej.id

Universitas Padjadjaran
Jatinangor
Jawa Barat. Indonesia

Telp : 085725560057

X